الهمزة
الهمزة المفردة
تأتي لعدد من الوجوه :
أولاً : همزة الاستفهام :
حرف مشترك يدخل على الأسماء والأفعال وحقيقته طلب الفهم ، مبني على الفتح لا محل له من الإعراب ، نحو : أمحمد موجود ؟
أحكام همزة الاستفهام
1 ـ جواز حذفها سواء تقدمت على ( أم ) نحو : في الصباح حضرت أم في المساء .
والتقدير : أفي الصباح حضرت . ومنه قول عمر بن أبي ربيعة * :
فو الله ما أدري وإن كنت رامياً بسبع رميت الجمر أم بثمان
الشاهد في البيت قوله : ( بسبع ) وتقدير الكلام ( أبسبع ) فحذف الهمزة .
أو لم تتقدمها كقول الكميت بن زيد الأسدي ** :
ــــــــــــــــــ
* عمر بن أبي ربيعة : هو أبو الخطاب عمر بن عبد الله بن أبي ربيعة القرشي المخزومي ، ولد سنة 22 هـ ونشأ في المدينة كان أشعر شعراء قريش وأرق أصحاب الغزل ، وأوصف الشعراء لأحوال النساء شب في نعيم ، وقال الشعر صغيراً ، وشبب بالنساء ، ووصف أحوالهن ، وتعرض للمحصنات العفيفات من نساء قومه عند خروجهن للحج ، وقد غزا في البحر فاحترقت به سفينته سنة 93 للهجرة النبوية الشريفة .
** الكميت الأسدي : هو الكميت بن زيد بن الأخنس بن ربيعة الأسدي ويكنى أبا المستهل ، شاعر مقدم ، عالم بلغات العرب ، خبير بأيامها ، فصيح ، من شعراء مضر وألسنتها ، والمتعصبين على القحطانية القارعين لشعرائهم ، سكن الكوفة ، وكان معروفاً بالتشيع لبني هاشم ، وقد مدح أهل البيت في أيام معاوية وقصائده الهاشميات من جيد شعره .
الهمزة
طربت وما شوقاً إلى البيض أطرب ولا لعباً مني وذو الشيب يلعب
يريد : أذو الشيب يلعب .
2 ـ التقرير : وفي هذه الحالة يليها المسؤول عنه مباشرة وهو ما يقتضى تقريره .
نحو : أضرب محمد محموداً ، وأمحمدٌ ضرب محموداً ، وأمحموداً ضرب محمد . ففي المثال الأول تقرر الفعل ، وفي المثال الثاني تقرر الفاعل ، وفي الثالث تقرر المفعول به ، ولذلك وجب أن يأتي المسئول عنه بعد الهمزة مباشرةً .
3 ـ أن تدخل همزة الاستفهام على الإثبات .
نحو قوله تعالى ( أفمن زين له سوء عمله )(1) .
وتدخل على النفي . نحو قوله تعالى ( ألم نشرح لك صدرك )(2) .
4 ـ أن ترد لطلب التصوير . نحو : أمدير المدرسة موجود أم الوكيل .
ويكون الجواب بتعيين أحد الأمرين المستفهم عنهما . كما ترد للتصديق ويكون الجواب بنعم أو لا نحو : أفاز المتسابق ؟ وجميع أدوات الاستفهام مختصة بطلب التصوير إلا ( هل ) فهي مختصة بطلب التصديق .
5 ـ أن تأتي في أول الكلام ( تمام تصديرها ) فلا تذكر بعد ( أم ) التي للإضراب كما يذكر غيرها من أدوات الاستفهام فلا نقول : أفاز محمد أم أفشل ؟ بل نقول أفاز محمد أم هل فشل ؟ كما أنها تتقدم على حروف العطف ، نحو قوله تعالى ( أولم ينظروا في ملكوت السموات والأرض )(3) ، وقوله تعالى ( أفلا ينظرون إلى الإبل كيف خلقت )(4) وقوله تعالى ( أثم إذا ما وقع آمنتم به )(5) بينما تتأخر حروف الاستفهام عن حروف العطف كما في قوله تعالى ( وكيف تكفرون
ـــــــــــــــــ
ـــــــــــــــــ
(1) فاطر [8] (2) الشرح [3] (3) الأعراف [185] .
(4) الغاشية [17] (5) يونس [51] .
الهمزة
وأنتم تتلى عليكم آيات الله )(1) ، وقوله تعالى ( فأي الفريقين أحق بالأمن )(2) وقوله تعالى (فبأي آلاء ربكما تتمارى )(3) ، وقوله تعالى ( فأين تذهبون إن هو إلا ذكر للعالمين )(4) ، وقوله تعالى ( فهل يهلك إلا القوم الفاسقون )(5) .
6 ـ إذا دخلت همزة الاستفهام على همزة الوصل تثبت همزة الاستفهام وتسقط همزة الوصل ، لأن همزة الوصل إنما أتى بها للتوصل بها إلى النطق بالساكن الذي بعدها . فلما أدخلت عليها همزة الاستفهام استغني عنها فأسقطت وسدت همزة الاستفهام مسدها .
نحو : أشتريت الكتاب ؟ ، ومنه قوله تعالى ( أستكبرت أم كنت من العالين )(6) .
وقوله تعالى ( أتخذتم عند الله عهداً )(7) ، ومنه قول ذو الرمة * :
أستحدث الركب عن أشياعهم خبراً أم راجع القلب من أطرابه طرب ؟
أما إذا كانت همزة الوصل مع لام المعرفة مدت همزة الوصل ، لئلا يشتبه الاستفهام بالخبر نحو : آلرجل قال ذلك أم المرأة .
ومنه قوله تعالى ( آلله خير أم يشركون )(8) ، وقوله تعالى ( آلذكرين حرم أم الأنثيين )(9) .
ـــــــــــــــــ
(1) آل عمران [101] (2) الأنعام [81] (3) النجم [55] .
(4) التكوير [26] (5) الأحقاف [35] (6) ص [75] .
(7) البقرة [80] (8) النحل [59] (9) الأنعام [143] .
* ذو الرمة : أبو الحارث غيلان بن عقبة بن نهيش بن مسعود العدوي ولد سنة 77 هـ وكان مقيماً في البادية ، ويحضر إلى البصرة واليمامة كثيراً . شاعر من فحول الطبقة الثانية الإسلامية كان دميماً شديد القصر يضرب لونه إلى السواد ، كان أكثر شعره تشبيباً ، وكان أطلال ، فهو أحد عشاق العرب المشهورين توفي سنة 117 هـ .
الهمزة
ومنه قول معن بن أوس * :
فو الله ما أدري آألحب شفه فسل عليه جسمه أم تعبدا
وإذا دخلت همزة الاستفهام على ألف القطع المفتوحة كان لك الخيار في ثلاثة أوجه :
1 ـ إما أن تهمزهما همزتين مقصورتين نحو : أأحسنت إلى أخيك .
2 ـ أو تدخل بينهما ألفاً استثقالاً للجمع بينهما نحو : أأحسنت إلى أخيك بهمزتين ومدة .
3 ـ أو تجعلهما همزة واحدة مطولة نحو آحسنت إلى أخيك بتقدير دخول ألف بين الهمزتين ، وتصير همزة الاستفهام مع الألف همزة مد ثم تلين همزة القطع وتترك نبرتها وتروم حركتها بلا نبرة ، أي : تختلس نحو قوله تعالى ( آأنت قلت للناس )(1) وقوله تعالى ( آأرباب متفرقون )(2) ومنه قول ذو الرمة :
فيا ظبية الوعساء بين جلاجل وبين النقا آأنت أم أمُ سالم
أما إذا دخلت همزة الاستفهام على همزة القطع المفتوحة المتلوة بألف ، همزت همزة واحدة مطولة دون التفريق بين الهمزتين بألف ، أو إرامة الفتحة " اختلاس حركتها " . نحو : أآثرت محمداً على أحمد . ومنه قوله تعالى ( قال فرعون أآمنتم به )(3) .
وإذا دخلت همزة الاستفهام على همزة القطع المضمومة فلك فيها أربعة أوجه .
ـــــــــــــــ
(1) المائدة [116] (2) يوسف [39] (3) الأعراف [123] .
* معن بن أوس : هو معن بن أوس بن نصر بن زياد المزني ، شاعر مجيد فحل من مخضرمي الجاهلية والإسلام ، له مدائح في جماعة من الصحابة ، رحل إلى الشام والبصرة وكف بصره في آخر أيامه ، له أخبار مع عمر بن الخطاب ، وكان معاوية يفضله ويقول أشعر أهل الإسلام كعب بن زهير ومعن بن أوس ، وهو من شعراء الطبقة الثانية .
الهمزة
1 ـ أن تهمزهما همزتين مقصورتين نحو : أأعطيك الكتاب .
2 ـ أو تدخل ألفاً بينهما نحو : آأعطيك الكتاب . بهمزتين ومدة .
3 ـ أو تقلب همزة القطع واواً مضمومة نحو : أؤعطيك الكتاب . بهمزة مقصورة ، وواواً مضمومة .
4 ـ أو تقلب همزة القطع واواً مضمومة وتمد همزة الاستفهام نحو : آؤعطيك الكتاب . ومنه قوله تعالى ( قل آؤنبئكم بخير من ذلكم )(1) ، وقوله تعالى ( آؤنزل عليه الذكر من بيننا )(2) .
أما إذا كانت همزة القطع مكسورة ودخلت عليها همزة الاستفهام فلك فيها أيضاً أربعة أوجه هي :
1 ـ أن تهمزهما همزتين مقصورتين ، نحو : أإنك مقيم .
2 ـ أن تجعلهما همزتين ومدة ، نحو : آإنك مقيم .
3 ـ أن تقلب همزة القطع ياء مكسورة ، نحو : أينك مقيم .
4 ـ أو تجعلهما همزة مطولة وياء مكسورة ، نحو : آينك مقيم .
ومنه قوله تعالى ( أينك لأنت يوسف )(3) ، وقوله تعالى ( قل أينكم لتكفرون )(4) ، وقد قرئت الآيتان السابقتان ومثلهما على الوجوه السابقة كلها .
وقد تخرج الهمزة عن الاستفهام الحقيقي فترد لمعان كثيرة هي :
1 ـ تأتي للتسوية : فتقع بعد كلمة سواء أو ما أبالي أو ما أدري ، وعندئذ يمكن تبديل الهمزة بمصدر مؤول يعرب في محل رفع مبتدأ مؤخر . نحو قوله تعالى ( سواء عليهم أأنذرتهم أم لم تنذرهم )(5) ، فقد جاءت همزة التسوية بلفظ الاستفهام .
ــــــــــــــــ
(1) آل عمران [15] (2) ص [8] (3) يوسف [90] .
(4) فصلت [9] (5) البقرة [6] .
الهمزة
التقدير : إنذارهم ، ومنه قوله تعالى ( سواء عليهم أستغفرت لهم أم لم تستغفر لهم )(1) .
2 ـ تأتي للتقريع : وهو توقيف المخاطب على ما يعلم ثبوته ، أو نفيه ، نحو قوله تعالى ( أأنت قلت للناس اتخذوني وأمي إلهين من دون الله )(2) .
3 ـ تأتي للتحقيق : كقول جرير * :
ألستم خير من ركب المطايا وأندى العالمين بطون راح
4 ـ للإنكار الإبطالي : وهذا يقتضي أنَّ ما بعد الهمزة غير واقع ، نحو قوله تعالى ( أفأصفاكم ربكم بالبنين واتخذ من الملائكة إناثاً )(3) .
5 ـ الإنكار التوبيخي : ويقتضي أن ما بعد الهمزة واقع ، وأن فاعله ملوم نحو قوله تعالى ( أغير الله تدعون )(4) ، وقوله تعالى ( أتعبدون ما تنحتون )(5) .
6 ـ تأتي للتهديد : نحو قوله تعالى ( ألم نهلك الأولين )(6) .
7 ـ للتنبيه : نحو قوله تعالى ( ألم تر أن الله أنزل من السماء ماء )(7) .
8 ـ للتعجب : نحو قوله تعالى ( ألم تر إلى ربك كيف مد الظل )(8) ، ومنه قوله تعالى ( ألم تر إلى الذين تولوا قوماً غضب الله عليهم )(9) .
ـــــــــــــــ
(1) المنافقون [6] (2) المائدة [116] (3) الإسراء [40] .
(4) الأنعام [40] (5) الصافات [95] (6) المرسلات [16] .
(7) الزمر [21] (8) الفرقان [45] (9) المجادلة [14] .
* جرير : هو بن حذيفة الخطفي بن بدر بن كليب بن يربوع التميمي أشعر أهل عصره ، ولد سنة 28 هـ في اليمامة ومات فيها سنة 110 هـ ، أمضى عمره يساجل ويناضل شعراء زمانه ، كان هجاءً مراً فلم يثبت أمامه إلا الفرزدق ، والأخطل ، كان عفيفاً ومن أغزل الناس شعراً ، يكنى بأبي حرزة ، وقد جعله ابن سلام في الطبقة الأولى لفحول شعراء الإسلام ، ويشبه من شعراء الجاهلية بالأعشى .
الهمزة
ومنه : أيكون مثل هذا .
9 ـ التذكير : نحو قوله تعالى ( ألم يجدك يتيماً فآوى )(1) .
10 ـ الاسترشاد كقولك للعالم : أيجوز كذا وكذا . ومنه قوله تعالى ( أتجعل فيها من يفسد فيها )(2) .
11 ـ الأمر : نحو قوله تعالى ( وقل للذين أوتوا الكتاب والأميين أأسلمتم )(3) ، والتقدير أسلموا .
12 ـ الاستبطاء : نحو قوله تعالى ( ألم يأن للذين آمنوا أن تخشع قلوبهم )(4) .
13 ـ تأتي للتهكم : نحو قوله تعالى ( أصلاتك تأمرك أن نترك ما يعبد آباؤنا )(5) .
14 ـ معاقبة حرف القسم : نحو آلله لقد حضر والدك . فالهمزة عوض من حرف القسم المحذوف ، والتقدير : والله لقد حضر والدك .
نماذج من الإعراب على همزة الاستفهام
قال عمر بن أبي ربيعة :
فو الله ما أدري وإن كنت رامياً بسبع رميت الجمر أم بثمان
وفي بعض الروايات " لعمرك ما أدري " وكلها للقسم .
الفاء : حسب ما قبلها ، حرف مبني على الفتح لا محل له من الإعراب ، والواو للقسم حرف جر مبني على الفتح ، الله : لفظ الجلالة مجرور بالكسرة الظاهرة والجار والمجرور متعلقان بمحذوف خبر في محل رفع ، والمبتدأ محذوف وجوباً لما ما في الخبر من إشعار بالقسم .
ـــــــــــــــــ
(1) الضحى [6] (2) البقرة [30] (3) آل عمران [20] .
(4) الحديد [16] (5) هود [87] .
الهمزة
والتقدير : فوالله قسم ، ( ما أدري ) ما : نافية لا عمل لها حرف مبني على السكون لا محل له من الإعراب ، أدري : فعل مضارع ينصب مفعولين وعلق عنهما بالهمزة المقدرة قبل قوله بسبع الآتي ، وفاعله ضمير مستتر فيه وجوباً تقديره أنا ، ( وإن ) الواو واو الحال ، إن زائدة ، ( كنت ) كان : فعل ماضي ناقص والتاء اسمها ، ( دارياً ) خبر كان منصوب بالفتحة ( بسبع ) جار ومجرور متعلقان بقوله رمين الآتي ، ( رمين ) رمى : فعل ماضي مبني على الفتح المقدر على آخره للتعذر ، ونون النسوة ضمير مبني على الفتح في محل رفع فاعل ، ( الجمر ) مفعول به لرمين ، ( أم ) حرف عطف مبني على السكون ، ( بثمان ) جار ومجرور معطوف على قوله بسبع .
قال تعالى ( ألم نشرح لك صدرك ) .
ألم : الهمزة للاستفهام التقريري ، حرف مبني على الفتح لا محل له من الإعراب .
لم : حرف جزم ونفي وقلب مبني على السكون لا محل له من الإعراب .
نشرح : فعل مضارع مجزوم بلم وعلامة جزمه السكون ، والفاعل ضمير مستتر فيه وجوباً تقديره نحن يعود على لفظ الجلالة بصيغة الجمع .
لك : جار ومجرور ، حرف الجر زائد ، وكاف الخطاب يعود على محمد صلى الله عليه وسلم .
صدرك : مفعول به منصوب بالفتحة الظاهرة على آخره ، وهو مضاف والكاف في محل جر بالإضافة .
قال تعالى ( أفلا ينظرون إلى الإبل كيف خلقت )
أفلا : الهمزة للاستفهام التوبيخي ، حرف مبني على الفتح لا محل له من الإعراب ، ولا عمل له ، والفاء حرف عطف على مقدر يقتضيه المقام أي يخلق الله سبحانه وتعالى ما يخلق من القرائن الدالة على قدرته وعظمته فلا ينظرون إليها ، ومنه قوله تعالى ( أفلا يعلم إذا بعثر ما في القبور )(1) ، فالفاء في ( أفلا ) عاطفة أيضاً والعطف بها على مقدر يقتضيه المقام .
والتقدير : يفعل الإنسان ما يفعل من القبائح فلا يعلم عندما تقوم الساعة أن ربه خبير بما فعل .
ولا : نافية لا عمل لها .
ينظرون : فعل مضارع مرفوع بثبوت النون لأنه من الأفعال الخمسة ، وواو الجماعة في محل رفع فاعله .
إلى الإبل : جار ومجرور متعلقان بينظرون .
كيف : اسم استفهام مبني على الفتح في محل نصب حال .
خلقت : خلق فعل ماض مبني للمجهول ، والتاء تاء التأنيث الساكنة يعود على الإبل ، ونائب الفاعل ضمير مستتر فيه جوازاً تقديره هي .
قال تعالى ( سواء عليهم أأنذرتهم أم لم تنذرهم ) .
سواء : خبر مقدم مرفوع بالضمة الظاهرة .
عليهم : جار ومجرور ، وشبه الجملة متعلقة بسواء .
أأنذرتهم : الهمزة حرف تسوية مبني على الفتح لا محل له من الإعراب .
أنذر : فعل ماض مبني على السكون لاتصاله بضمير رفع متحرك ، والتاء ضمير متصل في محل رفع فاعل ، ( هم ) ضمير متصل في محل نصب مفعول به ، والمصدر المؤول من الهمزة والفعل في محل رفع مبتدأ مؤخر .
التقدير : إنذارهم وعدمه متساويان ، والجملة من المبتدأ وخبره لا محل له من الإعراب ، جملة اعتراضية اعترضت بين اسم إن وخبرها .
ــــــــــــــــ
(1) العاديات [9] .
الهمزة
أم : حرف عطف مبني على السكون ، لا محل له من الإعراب .
لم : حرف نفي وجزم وقلب .
تنذرهم : فعل مضارع مجزوم بلم وعلامة جزمه السكون ، والفاعل ضمير مستتر فيه وجوباً تقديره أنت ، ( وهم ) ضمير متصل في محل نصب مفعول به .
قال جرير :
ألستم خير من ركب المطايا وأندى العالمين بطون راح
الهمزة : حرف استفهام يفيد التحقيق ، ليس : فعل ماض ناقص مبني على السكون لاتصاله بضمير رفع متحرك ، والتاء ضمير مبني على الضم في محل رفع اسم ليس ، والميم علامة جمع المذكر .
خير : خبر ليس منصوب بالفتحة الظاهرة على آخره ، وجملة ( ألستم خير ) ابتدائية لا محل لها من الإعراب .
من : اسم موصول مبني على السكون بمعنى الذي في محل جر بالإضافة .
ركب : فعل ماض مبني على الفتح ، والفاعل ضمير مستتر فيه جوازاً تقديره هو .
المطايا : مفعول به منصوب بالفتحة المقدرة على الألف ، منع من ظهورها التعذر ، وجملة ( ركب المطايا ) لا محل لها من الإعراب صلة الموصول .
وأندى : الواو حرف عطف مبني على الفتح ، لا محل له من الإعراب ، أندى : معطوف على خير منصوب بالفتحة المقدرة على آخره للتعذر ، وهو مضاف .
العالمين : مضاف إليه مجرور بالياء ، لأنه ملحق بجمع المذكر السالم .
بطون : تمييز منصوب بالفتحة الظاهرة ، وهو مضاف .
راح : مضاف إليه مجرور بالكسرة .
الهمزة
ثانياً : تأتي الهمزة لنداء القريب . كقول امرئ القيس * :
أ فاطم مهلاً بعض هذا التدلل وإن كنت قد أزعمت صرمى فأجملي
ومنه قول جميل بثينة ** :
أ بثين إنك قد ملكت فاسجحي وخذي بحضك من كريم واصل
ثالثاً : وتأتي الهمزة فعلاً :
فهي فعل أمر من الفعل الماضي ( وأى ) بمعنى ( وعد ) ومضارعه ( يئى ) والأمر منه ( إ )(1)وهو فعل أمر مبني على حذف حرف العلة من آخره ، وفاعله ضمير مستتر فيه وجوباً تقديره أنت ، ومنه قول الشاعر في البيت الملغز *** :
إن هندُ الجميلة الحسناء وأي من أتعبت بوعد وفاء(2)
ـــــــــــــــــ
(1) أنظر الإفصاح تحقيق سعيد الأفغاني ص 64 والانتخاب لكشف الأبيات المشكلة الإعراب لعلي بن عدلان النحوي ص 16 .
(2) روي البيت في مغني اللبيب ج 1 ص 19 .
إن هندُ الجميلة الحسناء وأي من أتعبت بوعد وفاء
* أمرؤ القيس : هو أمرؤ القيس بن حجر بن الحارث الكندي ، يماني الأصل نجدي المولد عام 130 قبل الهجرة النبوية الشريفة الموافق لعام 497 م أشعر شعراء العرب قاطبة ، وسيد الطبقة الأولى لفحول الشعراء الجاهليين واسمه حندج ، وقيل مليكه ، وغلب عليه لقبه ، كان أبوه ملك أسد وغطفان ، وأمه أخت المهلل ، وقد شبب بالنساء وتعاطى الخمر ، ونادم الصعاليك ، مما أثار حنق والده عليه فنفاه إلى حضرموت ، توفي في أنقرة لقروح أصابته عام 80 قبل الهجرة .
** جميل بثينة : هو جميل بن عبد الله بن معمر العذري القضاعي ، يلقب بأبي عمرو شاعر إسلامي من عشاق العرب ، افتتن ببثينة إحدى فتيات العرب ، فتناقل الناس أخبارها ، وأكثر شعره في النسيب والغزل والفخر ، وهو أحد الشعراء العذريين ، وفد على عبد العزيز بن مروان ، فأكرم وفادته ، وأمر له بمنزل بالشام أقام فيه قليلاً ، ثم مات سنة 82 هـ .
*** البيت بلا نسبة في المغني ، ولا الإفصاح للفارقي وهو في الانتخاب ص 16 وقد نسبه المحقق لأبي يعقوب يوسف بن الدباغ النحوي الصقلي نقلاً عن بغية الوعاة للسيوطي ج 2 ص 356 وذكره صاحب الأمالي الشجرية ج 1 ص 306 .
الهمزة
نماذج من الإعراب
قال امرؤ القيس :
أ فاطم مهلاً بعض هذا التدلل وإن كنت قد أزعمت صرمي فأجملي
أ فاطم : الهمزة حرف لنداء القريب مبني على الفتح ، لا محل له من الإعراب .
فاطم : منادى مرخم وأصله فاطمة حذفت منه التاء عند النداء ، مبني على الضم في محل نصب على لغة من لا ينتظر .
مهلاً : مفعول مطلق لفعل محذوف ، والتقدير تمهلي مهلاً .
بعض : مفعول به لمفعول محذوف والتقدير : اتركي بعض هذا التدلل ، وبعض مضاف ، هذا : اسم إشارة مبني على السكون في محل جر مضاف إليه .
التدلل : بدل أو عطف بيان على اسم الإشارة مجرور بالكسرة الظاهرة .
وإن : الواو حرف عطف ، إن حرف شرط لازم لفعلين مبني على السكون لا محل له من الإعراب .
كنت : كان فعل ماض ناقص مبني على السكون لاتصاله بضمير رفع متحرك ، والتاء ضمير مبني على الكسرة في محل رفع اسم كان .
قد أزمعت: قد حرف تحقيق مبيني على السكون لا محل له من الإعراب ، ولا عمل له ، أزمعت : فعل ماض مبني على السكون لاتصاله بضمير رفع متحرك ، والتاء ضمير مبني على الكسر في محل رفع فاعل .
صرمى : مفعول به ، وهو مضاف والياء في محل جر مضاف إليه ، والجملة ( قد أزمعت صرمي ) في محل نصب خبر كان .
فأجملي : الفاء واقعة في جواب الشرط حرف مبني على الفتح لا محل له من الإعراب .
أجملي : فعل أمر مبني على حذف النون ، وياء المؤنثة المخاطبة ضمير مبني على السكون في محل رفع فاعل والجملة من الفعل والفاعل في محل جزم جواب الشرط
الهمزة
قال الشاعر :
إن هند المليحة الحسناء وأي من أتعبت بوعد وفاء
إن : فعل أمر للمؤنث مؤكد بالنون الثقيلة من الفعل وأي ، بمعنى وعد . وأصل هذا الأمر ( تئين ) مثل ( تفين ) فحذفت التاء للمواجهة ، وحذفت النون للأمر ، كما حذفت لام الفعل وهي الياء لالتقاء الساكنين ، وانحذفت ياء الضمير لئلا يلتقي ساكنان أيضاً وبقت الكسرة للدلالة على الياء المحذوفة وانحذفت النون الأولى لأنها ساكنة مدغمة فلم يبق غير عين الفعل وهي الهمزة فقلت ( إ ) ثم اتصلت به نون التوكيد الثقيلة فقلت ( إن ) .
هند : منادى مبني على الضم بحرف نداء محذوف .
المليحة : بالفتح صفة لهند على الموضع منصوبة بالفتحة ، وبالضم صفة لهند على المحل مرفوعة بالضمة ( كما هو الحال في رواية مغني اللبيب التي أشرنا إليها في الهامش ) .
الحسناء : صفة منصوبة لمفعول به محذوف تقديره : المرأة الحسناء هذا على رواية النصب ويجوز فيه أن يكون صفة ثانية لهند على الموضع وهو أحسن الوجهين لبعده عن التكلف والتقدير أما في رواية الرفع فهو صفة لهند على المحل .
وأي : مفعول مطلق للفعل ( إن ) منصوب بالفتحة الظاهرة ، وهو مضاف .
من : اسم موصول مبني على السكون في محل جر مضاف إليه .
أتعبت : فعل ماض مبني على الفتح ، والتاء تاء التأنيث الساكنة حرف مبني لا محل له من الإعراب والفاعل ضمير مستتر فيه جوازاً تقديره هي يعود على هند .
بوعد : جار ومجرور ، وشبه الجملة متعلق بأتعبت .
وفاء : مفعول به منصوب بالفتحة ، وجملة ( أتعبت بوعد وفاء ) لا محل لها صلة الموصول .
Hamzah
Hamza tunggal
Datang ke sejumlah wajah:
Pertama, menghubungkan pertanyaan:
Masukkan surat bersama untuk kata benda dan kata kerja dan pemahaman tentang apa yang diminta, berdasarkan penaklukan tidak memiliki tempat untuk mengekspresikan, untuk: M'hamed ada?
Ketentuan pertanyaan menghubungkan
1 dapat dibuat untuk baik menghapus (atau) untuk: saya hadiri di pagi hari atau di malam hari.
Dan penghargaan: Avi Sabah dihadiri. Dan dari 'Umar bin Abi Rabia *:
Demi Allah, jika Anda tahu apa Ramya bara panas dilemparkan tujuh atau delapan
Saksi di rumah mengatakan: (tujuh) dan memperkirakan pidato (Ibspa) menghapus Hamza tersebut.
Seperti ketika sebuah minivan atau tidak Kumait bin Zaid al-Asadi **:
* Umar bin Abi Rabia: adalah ayah dari surat Umar bin Abdullah bin Abi Rabia al-Qurashi Makhzoumi, Lahir Dengan 22 e dan dibesarkan di kota itu adalah Quraisy penyair terbesar dan tipis pemilik benang, dan menggambarkan penyair status perempuan pecah pada Naim, mengatakan rambut masih muda, dan perempuan HBB, dan deskripsi kondisi mereka, dan wanita suci suci orang ketika mereka meninggalkan ibadah haji, telah menyerbu ke laut oleh kapal Vaanrguet tahun 93 dari migrasi Nabi Muhammad.
** Kumait Asadi: Ini adalah Kumait bin Zaid bin Alokhans bin Rabia al-Asadi, dijuluki awal Abu, penyair dari penyedia, dunia bahasa Arab, ahli Boaamha, fasih, dari penyair berbahaya dan lidah, dan fanatik pada Qahtaniya Alqaraein penyair, perumahan Kufah, dan dikenal Syiah ke Hasyim Beni, pujian dari orang-orang rumah pada zaman Mu'awiyah dan Hashimiyat puisinya puisi yang baik.
Hamzah
Trepett dan kerinduan untuk ratusan telur dan bermain saya bermain Odhu rambut beruban
Dicari: bermain Odhu rambut abu-abu.
2 Laporan: Dalam hal ini diikuti secara langsung bertanggung jawab untuk itu, yang memerlukan laporannya.
Untuk: Muhammad pergi sambutan, dan menyambut M'hamed tekan, dan tekan Omahmoda Muhammad. Pada contoh pertama, memutuskan untuk bertindak, dan dalam contoh kedua, aktor memutuskan, dan ketiga diputuskan oleh kekuatan, dan karena itu bertanggung jawab untuk itu datang langsung setelah Hamza tersebut.
3 bahwa intervensi menghubungkan pertanyaan tentang bukti.
Tentang makna (Gabriel, Zain telah melakukan yang buruk) (1).
Dan intervensi pembuangan. Tentang makna (Bukankah Kami membuka payudara Anda untuk Anda) (2).
4 yang diterima untuk permintaan untuk pencitraan. Untuk: sekolah sebagai Direktur atau agen yang ada.
Jawabannya adalah untuk menunjuk salah satu dari penanya kedua mereka. Sebagai ditetapkan untuk sertifikasi dan jawabannya adalah ya atau tidak untuk: Avaz kontestan? Dan semua alat pertanyaan yang kompeten tetapi pencitraan permintaan (Apakah) adalah kompeten untuk permintaan sertifikasi.
5 yang datang dalam pidato pertama (sepenuhnya diekspor) tidak ingat setelah (atau) dari pemogokan, yang juga menyebutkan alat-alat lain dari pertanyaan kita tidak mengatakan Avaz Muhammad atau gagal? Kami mengatakan Avaz Muhamad Atau Gagal? Mereka juga membuat karakter simpatik, tentang makna (Apakah mereka tidak dipertimbangkan dalam kerajaan langit dan bumi) (3), dan ayat (apakah mereka tidak memperhatikan unta, bagaimana mereka diciptakan) (4) dan ayat (dosa Jika mereka percaya di dalamnya) (5), sementara tertunda pertanyaan untuk karakter karakter simpatik, seperti dalam ayat (dan bagaimana kafir
(1) Pencipta [8] (2) Penjelasan [3] (3) norma-norma [185].
(4) Gash [17] (5) Younis [51].
Hamzah
Ketika Anda membaca Anda ayatullah) (1), dan ayat (yang dari dua tim layak keamanan) (2) dan ayat (Jadi pada apa Alaa Tuhan kamu yang Taatmary) (3), dan ayat (mana Anda pergi yang menyebutkan hanya dari dunia) (4), dan makna (Apakah binasa kecuali orang-orang yang tahan uji) (5).
6 Jika Anda memasukkan tanda tanya pada link yang menghubungkan untuk membuktikan pertanyaan menghubungkan dan antarmuka drop, karena link tetapi itu datang untuk menjangkau ke luar Balsakn pengucapan. Ketika diperkenalkan oleh pertanyaan menghubungkan dihapuskan oleh shedding dan diblokir menghubungkan pertanyaan Msdha.
Untuk: saya membeli buku itu? , Dan makna itu (atau Anda Ocetkbert Alin) (6).
Dan makna (Anda akan memiliki perjanjian dengan Allah) (7), dan dari kata-kata seorang Alrma *:
Diperkenalkan di balik berita Ohiallm atau melihat jantung Otarabh Tarab?
Jika link L dengan pengetahuan diperpanjang antarmuka, sehingga tidak untuk pertanyaan tersangka tentang berita: kata orang itu atau perempuan.
Dan dari ayat (Tuhan itu baik atau asosiasi) (8), dan makna (laki-laki bos kampus atau dua betina) (9).
(1) Al-Imran [101] (2) ternak [81] (3) bintang [55].
(4) pelleting [26] (5) Ahqaf [35] (6) p. [75].
(7) sapi [80] (8) lebah [59] (9) ternak [143].
* Sebuah Alrma: Abu al-Harits bin bin Masoud Gillan kendala bin Nhih Adawi lahir di AH 77 dan tinggal di padang gurun, dan datang ke Basra dan Al-Yamamah banyak. Sekitar penyair dari lantai dua istana Islam sangat jelek hit warna untuk hitam, rambutnya Chbeba lebih, dan reruntuhan, dia adalah seorang pecinta Arab terkenal meninggal pada 117 AH.
Hamzah
Dan dari Aus bin berkata * Maan:
Sedikit yang tahu apa yang Allah pembuluh Aolhab bibir atas tubuhnya, atau tindakan ibadah
Jika menghubungkan ke pertanyaan seribu keping membuka pilihan bagi Anda dalam tiga cara:
1, bahwa Thmzhma Hmzatan kompartemen ke: Oahsnt dengan adikmu.
2 atau interferensi antara dua alpha Astthagala untuk menggabungkan mereka untuk: Bhmzatan Oahsnt dengan adikmu dan durasi.
3 atau membuat mereka menghubungkan satu diperpanjang ke arah baik dilakukan untuk adik Anda menghargai entri A-Alhmzatan, dan menjadi pertanyaan menghubungkan dengan seribu menghubungkan D dan kemudian melunakkan potongan menghubungkan dan meninggalkan nada dan berniat untuk gerakan tanpa nada, yaitu, menyalahgunakan tentang makna (aku mengatakan kepada orang-orang) (1) dan mengatakan Mahakuasa (Aerbab tersebar) (2) dan dari kata-kata seorang Alrma:
Villa doe Aluaads antara lonceng dan anaka adalah ibu atau Salem
Jika Anda memasukkan tanda tanya pada potongan-potongan yang menghubungkan menghubungkan Almtheloh terbuka ribu, Hmzat menghubungkan satu panjang tanpa membedakan antara Alhmzatan ribu, atau martabat dari lubang, "penyalahgunaan gerakan." Untuk: Oathert Muhammad Ali Ahmed. Dan dari ayat (Firaun mengatakan merasa aman) (3).
Jika Anda memasukkan tanda tanya pada potongan-potongan yang menghubungkan menghubungkan orbit paket dari empat cara.
(1) tabel [116] (2) Yusuf [39] (3) norma-norma [123].
* Ya bin Aws: The Yes bin Aus bin Nashr bin Ziyad Muzani, penyair Majid solusi untuk para veteran kebodohan dan Islam, memuji dalam sekelompok sahabat, ia pindah ke Damaskus, Basra, dan menjaga pandangan dalam hari-hari terakhirnya, berita dengan Omar bin al-Khattab, adalah Muawiyah preferensi Saya bilang orang-orang Islam Ka'b bin Zuhair bin Aws dan ya, salah satu penyair dari lapisan kedua.
Hamzah
1 yang Thmzhma Hmzatan kompartemen ke: Ooattiyk buku.
2 atau gangguan alpha antara mereka untuk: Aoattiyk buku. Bhmzatan dan durasi.
3 atau volatilitas menghubungkan potongan dan paket Wawa ke: buku Oaattiyk. Bhmzh kompartemen, dan paket Oawa.
4 atau volatilitas menghubungkan potongan dan paket Wawa dan memberikan pertanyaan menghubungkan tentang: Aaattiyk buku. Dan ia mengatakan (katakanlah Aanbikm tersebut adalah baik-baik saja) (1), dan ayat (Aanzel seorang laki-laki dari kami) (2).
Jika potongan menghubungkan rusak dan memasuki orbit pertanyaan menghubungkan yang juga memiliki empat aspek adalah:
1 yang Thmzhma Hmzatan kompartemen, ke: anggun hidup.
2 yang membuat mereka Hmzatan dan durasi, untuk: hidup ramah.
3 bahwa volatilitas menghubungkan potongan J. rusak, ke: Inc penduduk.
4, membuat mereka panjang dan J menghubungkan rusak, untuk: penduduk Inc.
Dan ia mengatakan (untuk Anda Inc Yusuf) (3), dan ayat (katakanlah Oenkm untuk kafir) (4), dan membaca ayat dua mantan dan dua wajah pada semua sebelumnya.
Dia lulus dari Hamza Pertanyaan sebenarnya yang terkandung dengan makna banyak:
Datanglah ke penyelesaian: kata tersebut berada, atau apakah saya tidak peduli atau tahu, dan kemudian dapat beralih sumber mul Hamza mengungkapkan di toko Pemula mengangkat bagian belakang. Tentang makna (apakah atau tidak mereka Oondhirthm memperingatkan mereka) (5), itu menghubungkan dengan kata-kata dari pertanyaan pemukiman.
(1) Al-Imran [15] (2) r [8] (3) Yusuf [90].
(4) dipisahkan [9] (5) sapi [6].
Hamzah
Rating: peringatan, dan arti itu (apakah mereka meminta ampun untuk mereka atau tidak berdoa untuk pengampunan bagi mereka) (1).
2 datang ke bashing: penangkapan pendengar tahu apa terbukti, atau pengasingan, tentang makna (Apakah Anda berkata kepada orang Atakdhuna dan ibuku sebagai tuhan selain Allah) (2).
3 datang untuk menyelidiki: Greer adalah seperti *:
Apakah tidak lebih baik dari naik Almtaya dan Andy mengklaim perut semesta alam
4 untuk penolakan Alabtali: ini mengharuskan bahwa setelah Hamza adalah kenyataan, tentang makna (Avocefakm Tuhan mengambil anak laki-laki dan perempuan dari malaikat) (3).
5 Altobeja penolakan: Hal ini membutuhkan bahwa setelah Hamza dan realitas, yang melakukan itu adalah untuk menyalahkan tentang makna (saya mengubah Allahku Anda klaim) (4), dan ayat (menebang apa yang Otabdon) (5).
6 datang ke ancaman: Menuju ayat (binasa rasa sakit dua yang pertama) (6).
7 untuk peringatan: Menuju ayat (Apakah tidak melihat bahwasanya Allah menurunkan air dari langit) (7).
8 untuk tanda seru: tentang makna (tidak melihat bagaimana Tuhanmu untuk bayangan D) (8), dan mengatakan (tidak melihat beberapa orang yang mengambil murka Allah pada mereka) (9).
(1) Munafik [6] (2) Tabel [116] (3) Isra [40].
(4) sapi [40] (5) Saffat [95] (6) Posts [16].
(7) faksi [21] (8) Kriteria [45] (9) berpendapat [14].
* Greer: Apakah bin Huzaifa Alkhtafa bin Badar bin Clip Bin gerbil Tamimi, saya merasa orang-orang pada zamannya, lahir di 28 AH di Yamama dan meninggal pada 110 AH tahun, menghabiskan hidupnya mempolemikkan melawan dan berjuang penyair di zamannya, ejaan pahit tidak membuktikan hanya Farazdaq, dan Alokhtal, yang suci Ini orang Oghazl merasa, dijuluki Abu Hrzh, saya telah membuat perdamaian di kelas penyair kuda pertama dari Islam, seperti ketidaktahuan penyair Baloashy.
Hamzah
Dari yang: Apakah seperti ini.
9 ingat: Menuju ayat (Apakah tidak menemukan Anda sebuah Vaoy yatim) (1).
10 akan dipandu sesuai dengan firman-Mu kepada dunia: diperbolehkan ini dan itu. Dan dari ayat tersebut (Otgal jarahan dari) (2).
11 itu: tentang makna (misalnya, bagi mereka yang diberi Kitab dan Ooslemtem buta huruf) (3), memeluk Islam dan apresiasi.
Alastbtae 12: Menuju ayat (Jan nyeri bagi mereka yang percaya bahwa hati mereka tunduk) (4).
13 datang untuk mengejek: Menuju ayat (Oslatk orang Amerika untuk meninggalkan apa yang disembah nenek moyang kami) (5).
14 menghukum surat partisi: menuju Allah dan ayahmu telah hadir. Valhmzh bukan bagian dihapus dari karakter, dan penghargaan: Demi Allah, aku telah menghadiri ayahmu.
Model untuk mengekspresikan pertanyaan menghubungkan
'Umar bin Abi Rabia:
Demi Allah, jika Anda tahu apa Ramya bara panas dilemparkan tujuh atau delapan
Dalam beberapa account, "untuk mengetahui apa usia Anda" dan semua Seksi.
Ta: seperti sebelumnya, sebuah karakter berdasarkan penaklukan tidak memiliki tempat untuk mengekspresikan, dan preposisi Bagian waw didasarkan pada penaklukan, Allah: nama tetangga Esrh selokan Allah fenomena dan tiriskan Mtaleghan berita Bmahdhuv di angkat toko, debutan dihapus dan Juba apa yang dikatakan dalam pemberitahuan untuk departemen .
(1) dhuha [6] (2) sapi [30] (3) Al-Imran [20].
(4) besi [16] (5) Hood [87].
Hamzah
Dan penghargaan: Aku bersumpah Departemen, (tahu) Apa: menyangkal tidak bekerja untuk karakternya didasarkan pada tidur tidak memiliki tempat untuk mengekspresikan, tahu: apakah ini indikasi bentuk fokus Mfolin komentar mereka Balhmzh diperkirakan dengan mengatakan tujuh berikut, dan siapa yang hati nurani backdoor dan penghargaan Juba saya, (meskipun ) waw kasus F., kelebihan, (I): apakah masa lalu minus na adalah namanya, (Daria) berita didirikan slot (tujuh) sedang berlangsung dan Mtaleghan selokan mengatakan penjahat, sebagai berikut (Pelanggar) membuang: dilakukan masa lalu berdasarkan penaklukan diperkirakan pada akhir tidak dapat , dan N didasarkan pada hati nurani wanita di tempat penaklukan mengangkat aktor, (Bara) oleh kekuatan para penjahat, (atau) karakter didasarkan pada kebaikan tidur (delapan) tetangga dan kecenderungan selokan dengan mengatakan tujuh.
Dia mengatakan (Bukankah Kami membuka payudara Anda untuk Anda).
Nyeri: normatif pertanyaan Hamza, seorang karakter berdasarkan penaklukan tidak memiliki tempat untuk mengekspresikan.
Tidak: Boots dan surat penolakan dan jantung didasarkan pada tidur tidak memiliki tempat untuk mengekspresikan.
Jelaskan: lakukan bentuknya yang sekarang Mdzom indikatif Palm tidur merek sepatu bot, dan hati nurani yang efektif dari apresiasi backdoor dan Juba kita kembali pada nama Allah dalam bentuk jamak.
Anda: Terus-menerus dan saluran pembuangan, ditambah preposisi, dan wacana yang memadai kembali kepada Muhammad saw.
Dada: Didirikan oleh kekuatan fenomena pada slot di akhir, ia menambahkan, Kef di tempat tarik juga.
Dia mengatakan (apakah mereka tidak memperhatikan unta, bagaimana mereka diciptakan)
Apakah Anda tidak: Hamza pertanyaan Altobeja, sebuah karakter berdasarkan penaklukan tidak ada tempat untuk mengekspresikan, tidak ada pekerjaan baginya, dan surat ta simpati pada tempat yang sesuai perkiraan yang menciptakan Allah menciptakan dari bukti kemampuan dan kehebatan tidak melihat itu, dan mengatakan (yang Anda tidak tahu Jika Anda berada di kuburan tersebar) (1), Valfa dalam (yang Anda tidak) juga merupakan gairah dan kasih sayang yang dibutuhkan diperkirakan sini.
Dan penghargaan: ia melakukan apa yang tidak dari kejahatan manusia, tidak tahu kapan waktu bahwa Tuhan Maha Mengetahui apa yang dia lakukan.
Tidak: tidak bekerja untuk menyangkal hal itu.
Lihat: melakukan bentuk indikatif ini adalah mengangkat karena bersertifikat Nun dari lima tindakan, dan F di tempat kelompok yang tidak meningkatkan.
Untuk unta: Terus-menerus dan gorong-gorong Mtaleghan Benzeron.
Caranya: Nama ini didasarkan pada pertanyaan terbuka di tempat pikiran pula.
Dibuat: penciptaan suatu tindakan masa lalu hati nurani pasif, feminin V-na statis pada punggung unta, dan wakil-aktif backdoor di mana paspor dihargai.
Dia mengatakan (apakah atau tidak mereka Oondhirthm memperingatkan mereka).
Entah: penyedia berita dibangkitkan dengan fenomena V..
Mereka: kalimat sedang berlangsung dan selokan, dan semi-terkait untuk sama.
Oondhirthm: Hamza karakter didasarkan pada penyelesaian penaklukan tidak memiliki tempat untuk mengekspresikan.
Memperingatkan: jangan tidur didasarkan pada masa lalu untuk meningkatkan hati nurani kontak bergerak, hati nurani-na terhubung di tempat menaikkan aktor, (mereka) di dalam hati nurani toko online yang didirikan oleh kekuatan, sumber dan penafsir Hamza dan bertindak di Pemula tempat mengangkat bagian belakang.
Rating: peringatan dan apakah atau tidak sama, dan grosir baik pemula dan berpengalaman tidak ada tempat untuk mengekspresikan, antara pencegat lainnya dicegat antara nama yang telah menyaksikan.
(1) Antiquities [9].
Hamzah
Atau: karakter berdasarkan pada kebaikan tidur, tidak ada tempat untuk mengekspresikan.
Kecuali: karakter membantah Boots dan jantung.
Mengatakan kepada mereka: lakukan ini sepatu indikatif bentuk Balsem Mdzom dan tanda tidur, dan hati nurani efektif backdoor dan penghargaan Juba Anda, (mereka) di dalam hati nurani toko online yang didirikan oleh kekerasan.
Greer mengatakan:
Apakah tidak lebih baik dari naik Almtaya dan Andy mengklaim perut semesta alam
Hamzah: Pertanyaan karakter manfaat penyelidikan, tidak: jangan dikurangi masa lalu berdasarkan tidur nurani terhubung ke lift bergerak, na didasarkan pada hati nurani aneksasi di tempat nama tidak, dan M menandai koleksi maskulin.
Tentang kabar baik tidak dibangun pada slot fenomena, dll, dan antar (Apakah tidak baik) utama tempat untuk mengekspresikan.
Dari: nama terhubung didasarkan pada rasa keheningan yang ada di tempat serta drag.
Menginstal: didasarkan pada tindakan masa lalu penaklukan, hati nurani backdoor aktor yang paspor dihargai.
Almtaya: Didirikan oleh kekuatan kapasitas slot yang seribu, mencegah munculnya kemustahilan, dan host (belakang Almtaya) tidak punya tempat untuk mengekspresikan link yang terhubung.
Dan Andy: waw penghubung didasarkan pada penaklukan, tidak ada tempat untuk mengekspresikan, Andy: Didirikan kecenderungan di slot terbaik di ujung perkiraan tidak bisa, ia menambahkan.
Dunia: Ditambahkan Bagliae untuk menguras, mengumpulkan sebagai lampiran ke laki-laki Salem.
Perut: Didirikan Slot fenomena diskriminasi, yang ditambahkan.
Diklaim: Ditambahkan untuk menguras Esrh.
Hamzah
Kedua: Hamza datang dekat panggilan. Seorang pria yang sama seperti mengukur *:
Sebuah Hei Vatm beberapa dimanjakan meskipun Anda mungkin Ozaamt Srmy Vojmla
Dan dari kata-kata seorang Buthaina indah **:
Anda memiliki Buthain dan mengambil kepemilikan Vascha Bhoudk krim dan terus
Ketiga: Hamzah sebenarnya:
Mereka melakukan sesuatu dari bentuk lampau (dan) rasa (dijanjikan) dan kesamaan (mendukung) dan itu adalah dari (a) (1) suatu tindakan didasarkan pada penghapusan vokal dari akhir, dan siapa yang hati nurani backdoor dan Juba dihargai Anda, dan dari kata-kata penyair dalam rahasia rumah ***:
India dan salah satu yang indah Belle mulai bosan janji dan penggenapan (2)
(1) Lihat pengungkapan mencapai Saeed Al Afghani 64 dan pemilihan untuk mengungkapkan ayat-ayat untuk mengungkapkan masalah untuk Ali bin Adlan tata bahasa hal 16.
(2) Rumah di penyanyi Roy Allbeb, vol 1. Hlm 19.
India dan salah satu yang indah Belle mulai bosan janji dan pemenuhan
* Sebuah mengukur manusia: adalah orang yang Qais bin Hajar bin al-Harits Kanada, Yamani asal Najdi lahir pada 130 sebelum mulia Nabi, sesuai dengan AD 497 tahun saya merasa penyair Arab secara keseluruhan, dan menguasai lapisan pertama menyumbang penyair bodoh dan Hndj nama, dan berkata Malika, dan menganggapnya gelarnya, ayahnya The Lion King Gtefan, dan Acclaimer saudara ibu-Nya memiliki perempuan HBB dan alkohol, dan Tramps menyesal, yang membuatnya geram dan ayahnya dibuang ke Hadramaut, meninggal di Ankara luka terkena 80 menurut tahun imigrasi.
** Buthaina Indah: Sebuah Bin indah Abdullah Bin Muammar perawan Alqdai, dijuluki Abu Amr penggemar penyair Islam dari Arab, terpesona Bbuthaina salah satu dari orang Arab gadis, Vtnaql orang berita, dan rambut lebih dalam Kin, berputar dan kebanggaan, yang merupakan Aladhiraan penyair, delegasi Abdul-Aziz bin Marwan, dan Vadth Vokrm, dan memerintahkan dia pulang Levant tinggal sedikit, kemudian meninggal di 82 AH.
*** Persentase di DPR tanpa penyanyi, bukan pengungkapan yang dalam pemilu Variqa hal 16 Penyidik dikaitkan dengan Abu Yaqub Yusuf Al-Dabbagh, mengutip tata bahasa Sisilia untuk Aluaah untuk pemukiman Bagian 2, hal 356, mengatakan aura pohon harapan vol 1,. Hlm 306.
Hamzah
Bentuk Ekspresi
Kata seorang pria mengukur:
Sebuah Hei Vatm beberapa dimanjakan meskipun Anda mungkin Ozaamt Srma Vojmla
Sebuah Vatm: Surat Hamza untuk mengajukan banding atas didasarkan pada dekat-Fath, tidak ada tempat untuk mengekspresikan.
Vatm: pencanang marmer dan asal Fatima na dihilangkan saat banding didasarkan pada aneksasi di sebuah toko didirikan pada bahasa mereka yang tidak menunggu.
Tunggu: efek reaksi mutlak dihilangkan, dan apresiasi Tmhli Hei.
Beberapa: efek oleh kekuatan dihapus dan apresiasi: Tinggalkan beberapa dimanjakan, dan beberapa menambahkan, ini: Referensi nama didasarkan pada tidur di tempat drag ditambahkan ke dalamnya.
Dimanjakan: Alih-alih simpati atau pernyataan pada nama dari fenomena Esrh saluran pembuangan.
Jika: waw konjungtiva, karakter adalah kondisi yang diperlukan untuk dua tindakan berdasarkan tidur tidak memiliki tempat untuk mengekspresikan.
Anda adalah: suatu tindakan berdasarkan tidur tidak sempurna masa lalu untuk meningkatkan hati nurani kontak bergerak, hati nurani-na didasarkan pada fragmen di tempat nama itu.
Telah merencanakan untuk memiliki: karakter bisa tidur pada pencapaian Lumbini tidak memiliki tempat untuk mengekspresikan, tidak ada pekerjaan baginya, telah direncanakan: tindakan masa lalu didasarkan pada tidur kontak nurani dengan lift bergerak, na didasarkan pada hati nurani fraktur di tempat menaikkan aktor.
Srmy: efek itu, dan Omega, yang ditambahkan di tempat tarik yang ditambahkan ke dalamnya, dan grosir (bisa Srma telah direncanakan) di tempat hal pikiran masa lalu.
Vojmla: realitas ta dalam jawaban atas kondisi berdasarkan surat terbuka tidak memiliki tempat untuk mengekspresikan.
Ojmla: suatu tindakan didasarkan pada Noon menghapus-, dan Penghormatan J. feminin berdasarkan hati nurani tidur di tempat aktif dan meningkatkan hukuman bertindak dan aktor di tempat jawabannya menegaskan kondisi
Hamzah
Penyair mengatakan:
India yang indah Maliha mulai bosan dari setiap janji dan pemenuhan
Bahwa: tindakan feminin adalah Balnon tindakan pasti berat apapun, dalam arti yang dijanjikan. Asal dari perintah ini (ionisasi) seperti (Tvin) dihapus na untuk konfrontasi, dan menghapus Nun pesanan, seperti juga dihapus L bertindak Omega untuk bertemu dengan warga, dan Anhzvt hati nurani J. sehingga tidak memenuhi Saknan juga tetap fragmen untuk menunjukkan Z dihapus dan Siang Anhzvt pertama karena Mdgmh statis tidak tetap non-ditunjuk Saya mengatakan untuk bertindak dengan Hamza (a) dan kemudian dihubungi oleh N. penekanan yang berat aku berkata (itu).
India: pencanang didasarkan pada surat banding aneksasi dihapus.
Maliha: penaklukan resep untuk posisi India dipasang pada slot, dan aneksasi itu adalah resep untuk India di toko dengan V. dibangkitkan (seperti halnya dalam novel yang penyanyi Allbeb telah kita bahas dalam margin).
Belle: resep untuk objek mount dihilangkan wanita cantik pada novel monumen ini dan mungkin menjadi resep untuk India di posisi kedua yang terbaik untuk jarak dari dua sisi berlebihan dan apresiasi dari lift di novel ini adalah resep untuk India di toko.
Setiap: efek absolut dari tindakan (yang) Didirikan fenomena slot, ia menambahkan.
Dari: nama terhubung didasarkan pada tidur di tempat drag ditambahkan ke dalamnya.
Lelah: didasarkan pada tindakan masa lalu penaklukan, feminin V-na membangun karakter statis tidak memiliki tempat untuk mengekspresikan hati nurani aktor dan apresiasi paspor tersembunyi adalah karena ke India.
Janji: Terus-menerus dan selokan, dan terkait semi-grosir Botabt.
Wafa: Didirikan oleh kekuatan slot, dan host (mulai bosan janji dan penggenapan) tidak menggantikan yang relevan terhubung.
0 comments:
Post a Comment